Tutorial Instalasi Web Server

INSTALASI DAN KONFIGURASI WEB SERVER
Linuk merupakan salah satu sistem operasi yang stabil dan banyak digunakan untuk keperluan server bagi dunia web.Banyak server web di World Wide Web yang di dukung oleh Linux.Bahkan ada istilah yang di kenal di Linuk yang dinamakan LAMP (singkatan dari Linux, Apache, MySQL, dan PHP).
LAMP merupakan sebuah teknologi yang dipakai dibanyak sistem dan terbukti stabil serta andal.Hebatnya, LAMP dapat diperoleh secara gratis mengingat sistem LAMP menggunakan software open source yang sifatnya gratisan semua.LAMP sudah terdapat di DVD repository atau repository Ubuntu di internet sehingga tidak perlu anda cari lagi.
INSTALASI WEB SERVER

Web server adalah sebuah sistem yang menyediakan tempat bagi halaman web agar dapat diakses oleh web client/browser.Karena menggunakan arsitektur client-server, maka web server bertindak sebagai pihak yang menyediakan halaman web kepada client.Web server dapat menerima permintaan HTTP dan kemudian meresponnya dengan mengirimkan kode-kode HTML.
Web server di Linux yang terkenal adalah Apache.Cara instalasi Apache di Ubuntu adalah :

1. Beralihlah sebagai root, kemudian eksekusi perintah :

    # apt-get install apache2
2. Ketika muncul perintah Do You want to continue, ketikkan Y dan tekan Enter.

3. File-file yang akan diinstall akan di salin ke komputer.setelah itu proses instalasi akan dimulai hingga selesai.Tampilan ketika proses instalasi dimulai trlihat seperti berikut :

4. Untuk membuktikan bahwa Web server sudah terinstall, hidupkan browser Firefox kemudian buka halaman http://localhost. Tampilan seperti di bawah ini akan terlihat :

5. Coba klik pada tulisan apache2-default, maka muncul tulisan It works! yang menandakan bahwa apache2 benar-benar sudah sukses diinstall di Ubuntu.

6. Web server juga bisa diakses menggunakan browser di sistem operasi lain, seperti Windows dengan cara menyebutkan IP address seperti terlihat di gambar berikut ini :

7. Tempat meletakkan file-file web adalah di folder /var/www/html.Apabila di buka menggunakan Nautilus sebagai root, Anda bisa melihat di dalamnya terdapat folder apache2-default.Jika folder apache2-default tersebut dibuka terlihat tampilan seperti berikut :

INSTALASI PHP5

Setelah Apache terinstall, berikutnya anda harus menginstall PHP.PHP adalah bahasa pemrograman untuk membuat web.Dengan menginstal PHP5, Anda dapat menggunakan apache untuk menghost file-file yang terekstensi.php dan memiliki kode-kode PHP di dalamnya.Caranya seperti berikut :

1. Berpindahlah sebagai root, kemudian ketikkan perintah berikut untuk menginstall php5:

     # apt-get install php5
2. Ketika muncul perintah Do you want to continue [Y/N] silahkan klik tombol Y di keyboard dan klik Enter.

3. Instalasi akan dijalankan hingga sukses.Anda bisa melihat tampilan jendela command line terlihat seperti berikut :

4. Silahkan restart dulu komputer anda, kemudian buatlah file baru dengan nama ujicoba.php dengan mengetik perintah :

     # vi/var/www/ujicoba.php
5. Tuliskan baris berikut ke dalamnya, caranya dengan menekan tombol i di keyboard kemudian mengetikkan kode :

     <? phpinfo(); ?>
6. Simpanlah file tersebut dengan menekan tombol ESC kemudian mengklik tombol “:wq” di keyboard.

7. Jalankan Web Browser Firefox kemudian masukkan alamat http://localhost/ujicoba.php maka akan terlihat tampilan seperti berikut yang menunjukkan bahwa PHP5 sudah terinstall di Ubuntu.

SETUP DATABASE SERVER

Sebuah web server umumnya dilengkapi dengan database mengingat aplikasi web kini lazim menyimpan datanya disebuah web server :

1. Berpindahlah sebagai root, kemudian install MySQL.Ada 3 tahapan instalasi MySQL, pertama adalah dengan menginstall libapache2 untuk autentifikasi MySQL seperti berikut :

     # apt-get install libapache2-mod-auth-mysql
2. Kemudian instal konektor PHP5 dan MySQL dengan mengeksekusi perintah :

     # apt-get install php5-mysql
3. Yang ketiga adalah menginstall mysql-server dengan cara mengeksekusi perintah berikut :

     # apt-get install mysql-server
4. Untuk instalasi mysql server, Anda juga harus menentukan password untuk user root di kotak New password for the MySQL “root” user.

5. Kemudian konfigurasikan file php.ini dengan mengetikkan perintah :

     # gedit /etc/php5/apache2/php.ini
6. Carilah baris ;extension=mysql.so, kemudian hilangkan tanda titik koma yang ada di depannya sehingga menjadi seperti berikut :

     extension=mysql.so
7. Restart Apache, Anda bisa melakukannya dengan mengeksekusi perintah :

      # /etc/init.d/apache2 restart
8. Setelah mysql terinstall, Anda bisa melakukan pengetesan sengan masuk ke MySQL dengan mengetikkan perintah ke MySQl :

      # mysql -u root -P
      Enter Password : masukkan_password
      mysql>
Setelah semuanya terinstalasi, Anda dapat menginstalkan aplikasi tertentu di web server tersebut.Yang akan penulis contohkan adalah aplikasi PHPMyAdmin yang berguna mengatur database MySQL melalui antarmuka web PHP.

Cara instalasi PHPMyAdmin sangat sederhana, yaitu :

1. Install PHPMyAdmin dengan mengetikkan kode berikut ini.Kode tersebut berguna menginstall PHPMyAdmin di /usr/share/phpmyadmin.

      sudo apt-get install phpmyadmin
2. Kemudian edit file apache2.conf yang mengatur semua konfigurasi apache2.

      /etc/apache2/apache2.conf
3.Di file apache2.conf tersebut, buatlah sebuah alias baru bernama :phpmyadmin“ dan diarahkan ke /usr/share/phpmyadmin menggunakan kode berikut :

      Alias/phpmyadmin "/usr/share/phpmyadmin/"
      <Directory "usr/share/phpmyadmin">
      Option Indexes MultiViews
      AllowOverride None
      Order allow,deny
      Allow from all
      </Directory>

Baca Selengkapnya : Link
0 Komentar untuk "Tutorial Instalasi Web Server"

Cyberpreneurship ©2015 . Powered by Blogger.
Back To Top