spesifikasi nokia x

Keberhasilan yang diraih Android rupanya membuat Nokia goyah dan memutuskan untuk merangkul sistem operasi ini demi mendulang untung. Tak ingin kehilangan gengsi, Nokiamemutuskan untuk merombak total sistem Android buatan Google dengan mengganti antarmukanya sehingga mirip dengan smartphone Lumia besutannya. Dengan demikian pemanfaatan tersebut masih dianggap setengah hati: tidak membawa semua fitur google dan tetap membawa UI Lumianya.
Positifnya, ponsel ini dapat memanfaatkan aplikasi Android yang berlimpah sambil terus membujuk konsumen untuk membiasakan diri dengan smartphone Lumia tentu adalah tujuan yang ingin dicapai oleh pabrikan yang kini telah diambil alih oleh Microsoft ini..

Desain

Dimensi: 115.5 x 63 x 10.4 mm, 128,7 gram; port audio 3.5 mm; tombol power/lock, pengatur volume suara, speaker; lubang mic; port microUSB, microSIM slot
Ketika pertama kali memegang Nokia X, impresi yang PULSA dapatkan adalah ponsel cerdas ini punya desain kotak dengan ketebalan yang melebihi ukuran ponsel cerdas lain yang beredar di pasaran.

Menggunakan material plastik, Nokia menyuguhkan warna-warni cerah untuk memikat konsumen. Meski punya ukuran yang pas ditangan, bodinya yang begitu tebal tentu membuat konsumen akan berpikir dua kali sebelum membeli ponsel ini.
Disisi kanan tersemat tombol power dan pengatur volume. Sementara bagian atas diisi dengan port audio 3.5mm. Sedangkan port micro USB dapat Anda temui dibagian bawah. Dibagian depan, Anda bisa menggunakan tombol kapasitif back yang terletak dibawah layar.

Mendukung dual SIM, pengguna harus melepas lebih dulu baterai dibagian belakang untuk memasukkan kartu SIM dan microSD kedalamnya. Masih di bagian yang sama, Nokia juga menyematkan kamera tanpa lampu flash serta sebuah speaker.

Display

Layar sentuh TFT capacitive touchscreen, 16 juta warna, 480 x 800 pixels, 4.0 inches (~233 ppi pixel density)

Dengan bentang layar 4 inci, Nokia X yang mengusung resolusi WVGA memiliki kerapatan piksel sekitar 233 ppi. Dengan layar TFT LCD berteknologi kapasitif, Nokia X punya sudut penglihatan yang cukup luas. Sayang sekali performanya dibawah terik sinar matahari ternyata mengecewakan.
Menariknya, Anda dapat menghidupkan layar dengan mengetuk layar sebanyak dua kali layaknya fitur knock on pada smartphone besutan LG. Untuk mengaktifkannya Anda cukup masuk ke setting -> display dan menggeser screen double tap pada posisi on.

Anda juga dapat mengatur ukuran font yang akan tampil pada layar serta mengaktifkan Glance screen yang menyuguhkan info waktu jika layar tidak digunakan selama rentang waktu tertentu.

OS dan UI

Nokia X Software Platform 1.0; Software version: 10.0.3

Meski pada akhirnya harus menyerah kepada Android, Nokia tidak mau begitu saja menggunakan antarmuka besutan Google tersebut ke ponsel Android entry level miliknya. Sebagai gantinya, Nokia menggunakan Nokia Software Platform dengan interface yang sekilas mirip dengan konsep Live Tile ala Windows Phone 8.0. Dengan meniadakan homescreen dan app drawer, Nokia membagi antarmuka Nokia X dalam dua bagian yang mencakup daftar aplikasi dan Fastlane.

Bagian pertama adalah daftar aplikasi menyerupai Live Tile yang berisi ikon yang dapat Anda atur letaknya. Anda juga dapat menghapus aplikasi cukup dengan menahan ikon dan memilih tanda silang berwarna merah.

Fastlane sendiri berisi daftar aplikasi serta file yang baru saja dibuka yang tampilannya menyerupai gabungan recent apps dengan notification bar pada Android. Anda dapat menghentikan aplikasi yang sedang berjalan dengan menahan aplikasi tersebut dan memilih tanda silang. Untuk menghentikan seluruh aplikasi yang berjalan, pengguna tinggal memilih ikon tong sampah.

Bar notifikasi yang biasanya ada pada Android juga tetap hadir namun posisinya sudah digantikan dengan quick toggle. Sedangkan notifikasi serta history aplikasi letaknya berpindah ke Fastlane. Notifikasi yang akan muncul serta history dari aplikasi yang terinstal dapat Anda atur kemudian pada menu setting Fastlane. Hanya aplikasi yang diinginkan yang akan dimunculkan notifikasinya serta dicatat history-nya oleh Fastlane.

Sementara untuk mendownload aplikasi, pengguna dapat memanfaatkan Nokia Store. Anda juga dapat menginstal aplikasi melalui APK yang ditransfer ke memori ponsel dengan lebih dulu mencentang kotak disamping unknown resources yang ada di menu developer options.

Hardware

Prosesor dual core 1.0 Qualcomm MSM8225 Snapdragon S4 Play, RAM: 512MB, Internal Storage: 1.11GB, baterai Li-Ion 1500 mAh
Pemutar musik Nokia cukup memuaskan untuk ukuran ponsel menengah. Ada 3 setting yang bisa Anda atur meliputi equaliser, bass boost, dan 3D effect. Pada equaliser, Anda dapat memilih 12 genre musik yang disediakan. Bila Anda tidak menemukan genre musik yang sesuai, Anda dapat membuat pengaturan sendiri dengan memilih user. Anda juga dapat mendengarkan siaran radio FM menggunakan earset yang disertakan.

Berbeda dengan pemutar musiknya yang cukup memuaskan, pemutar video milik Nokia X malah mengecewakan dengan galeri sebagai andalan. Ketika dipakai untuk menonton film, interface yang disuguhkan pun sangat sederhana tanpa dibekali kemampuan membaca subtitle. Pemutar videonya juga gagal menayangkan video beresolusi HD720p dalam format MP4 secara mulus yang PULSA dapatkan dari Youtube.

Internet dan Konektifitas

Quad band GSM(850/900/1800/1900); HSDPA 1900 / 2100 MHz; Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi hotspot,  Bluetooth, microUSBv2.0
Berbekal ragam pilihan koneksi yang ada, pengguna bebas menjelajah internet menggunakan Opera serta Nokia browser yang sudah langsung tersemat didalamnya. Nokia browser datang dengan setting sederhana yang hanya dibekali dengan pilihan menghapus history. Sementara untuk browser Opera punya fitur penghematan bandwidth yang sudah mendukung multitab dalam tampilan mobile dan desktop. Dalam paket penjualannya, Nokia sudah menyertakan kartu perdana SIMPATi dengan paket data Nokia X Plan.

Dengan dua slot kartu micro SIM yang terdapat didalamnya, hanya SIM pertama yang mendukung koneksi 3G HSDPA berkecepatan maksimal 7.2Mbps. Untuk pilihan transfer data terdapat Bluetooth, Anda juga dapat menggunakan kabel data yang disertakan dalam paket penjualan. Untuk mengelola file, Nokia menyematkan Astro File Manager.
Aplikasi Bawaan

Astro File Manager, Skype, Facebook, Twitter, BBM, Viber, WeChat, Opera, Fruit Ninja, Real Football 2014, Kingdoms & Lords, Tetris, SimCity Deluxe, Bejeweled 2, Monopoly Class, the Game of Life, Green Farm 3, Wonder Zoo.
  
Menyandang gelar sebagai ponsel cerdas Android yang telah dimodifikasi, Nokia sudah membekali X dengan beberapa apliaksi populer Android seperti BBM, Skype, Facebook, Twitter, WeChat dan sebagainya.

Untuk memanjakan pengguna, Nokia juga membekali X dengan sederet game Android seperti Fruit Ninja, SimCity, Real Football, Tetris, Monopoly dan sebagainya.

Kelebihan
• Harga Terjangkau
• Knock On
• BBM preinstalled
• Paket data Nokia X Plan

Kekurangan
• Layar memantulkan sinar matahari
• Sering crash
• Tidak ada Google Service (Play Store, Gmail, Youtube)

sumber http://www.tabloidpulsa.co.id/

0 Komentar untuk "spesifikasi nokia x"

Cyberpreneurship ©2015 . Powered by Blogger.
Back To Top