Keunggulan Linux Slacware 13.37



sebagai pengguna Operating System linux saya terbilang newbie karena saya install Slackware 10.2 pertama kali tahun 2005 yang lalu. Berikut ini adalah beberapa alasan saya menggunakan Linux Slackware.

Slackware
Source Linux dapat kita download gratis di internet atau sekedar melakukan copy CD dari teman.
Seperti dalam konsep Slackware, untuk tetap mempertahankan kestabilan dalam setiap rilisnya, maka Slackware 13.37 tidak akan membingungkan kita dari versi-versi sebelumnya.
Sebelumnya saya pernah menggunakan Linux Ubuntu 10 yang sangat populer. Namun yang paling mengganggu saya adalah segala bentuk permintaan update-nya yang tidak ada habisnya (walaupun sebetulnya fasilitas update dapat di nonaktifkan). Belum lagi apt-get install yang selalu harus online ke internet. Seolah-olah saya merasa tertinggal dalam kegiatan per-ubuntu-an jika tidak terkoneksi ke internet. Satu buah keping DVD Slackware 13.37 seperti sudah cukup untuk satu kali instalasi dengan segala kekurangannya. Kenapa saya katakan dengan segala kekurangannya? Karena memang selalu ada sesuatu yang kita butuhkan tetapi tidak tersedia dalam DVD Slackware tersebut.
Paket Java Runtime Environment (JRE) yang sudah tersedia. JRE sangat saya butuhkan untuk menjalankan webmin.
Browser Firefox yang dapat di-plugin dengan flash-player. Pada versi Slackware 12, begitu saya install flash-player, selalu muncul crash or something like that, lah. :P
KDE 4.5.5x yang futuristik. Menurut saya GUI yang satu ini, tidak kalah dengan tampilan OS lain yang sudah aero, transparan, dll.
Untuk urusan server, dari dulu Slackware sudah punya default Apache, PHP, MySQL, OpenSSL, SSH, dan beberapa lainnya. Cukup untuk mengembangkan web dinamis dan database bukan?
Teks editor dengan banyak pilihan sperti vi, vim, joe, jove, emacs, kwrite, mousepad dan kate. Begitu banyaknya pilihan teks editor sampai saya jatuhkan pilihan pada joe (text-based) dan kwrite (GUI based).
Untuk urusan jaringan komputer, tools berikut ini sudah tersedia: firewall, tcpdump, iptraf, nmap dsb. Menurut saya tools tersebut sangat membantu mengurus jaringan lokal kita. Lagi-lagi tools tersebut sudah terinstall secara default.
Sudah banyak web yang menyediakan repository Slackware, seperti SlackBuilds.Org. Dan update/upgrade dengan perintah slackpkg.

Sumber : Link
0 Komentar untuk "Keunggulan Linux Slacware 13.37"

Cyberpreneurship ©2015 . Powered by Blogger.
Back To Top